Sabtu, 27 Oktober 2012

Kepulauan Maladewa (Maldives Island)


Maldives, sering juga disebut Maladewa, adalah negara kepulauan yang terletak 300 mil selatan India, dan 450 mil sebelah barat daya Sri Lanka. Keunikan pulau di Maldives adalah nama dan jenisnya.
Dari sekitar 1.192 pulau yang dimiliki Maldives, sebagian besar bukanlah pulau yang sesungguhnya, namun hanya kumpulan atol atau karang. Totalnya ada sekitar 26 kepulauan atol besar, dan hanya sekitar 200 pulau atol saja yang dihuni oleh manusia.
Nama-nama pulaunya pun aneh, di antaranya pulau alif, ba, ta, tsa, dan lain-lain. Hal ini dilatarbelakangi pengaruh budaya Arab yang sangat kental. Diperkirakan, nama Maladewa pun berasal dari kata Arab, yang artinya istana.



Surga Tropis
Bagi para pelancong, Maladewa dikenal sebagai surga tropis. Ada banyak alasan mengapa Maldives begitu menarik perhatian mereka, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Keindahan pasir pantai





Lokasi pantai di sana jauh dari hiruk pikuk suasana kota yang bising. Begitu tenang dan damai. Sejauh mata memandang, yang ada hanya keindahan alam yang terhampar. Pasir pantai di Maladewa berwarna putih, bersih dan lembut, lambaian nyiur kelapa menambah indah suasana dengan air lautnya yang tidak begitu asin.
Airnya sangat bersih, bening berwarna kebiruan saat diterpa cahaya matahari. Air lautnya tenang, tidak ganas, tidak ada ombak tinggi yang bergulung-gulung, mungkin karena tempatnya yang terhalang oleh atol. Pengalaman tak terlupakan kala berenang di pantai pasir Maldives adalah banyaknya bayi ikan hiu yang ikut berenang di sela-sela kaki kita. Luar bisa!
2. Pemandangan bawah laut


Pemandangan bawah laut Maldives sangat indah, dengan suhu sekitar 25-30 derajat Celcius sangat ideal untuk melakukan diving, snorkelling, atau memancing. Airnya sangat bening, bahkan, di beberapa tempat, pemandangan dasar laut dapat terlihat dengan jelas. Barisan terumbu karang dengan ikan berwarna-warni, gua laut, Manta Ray, Eagle Ray, penyu, ikan Napoleon, lumba-lumba, wreck, white tip, hammerhead sharks, dan lainnya dapat ditemukan dengan mudah.

3. Resorts dan Cottage Menarik





Fasilitas resort-resort kelas dunia yang dikombinasikan dengan eksplorasi keindahan pantai serta kehidupan lautnya memberikan kesan berbeda dari negara Maldives apabila dibandingkan dengan destinasi pariwisata diwilayah lainnya. Seperti terlihat panorama bawah laut dengan kehidupan biota lautnya dijadikan sebagai suguhan pelengkap spesial pada sebuah restauran selain makanan dan minuman tentunya.
Untuk sampai ke Maldives, masyarakat dari Asia Tenggara akan diturunkan di Bandara Internasional Male yang berada dipulau Hulhule. Adapun menurut beberapa informasi, wisatawan Indonesia diberikan fasilitas visa-waiver atau bebas visa untuk berlibur disurga atol ini.


Tak salah bila Maldives disebut sebagai “surga tropis” karena pantainya yang indah, pemandangan bawah lautnya yang eksotik, lokasinya yang “tersembunyi” di tengah lautan, biota lautnya yang melimpah dan terjaga.
Ditambah lagi, fasilitas akomodasi yang memadai, Hilton, Fourseason, dan sebagainya telah ada di sini. Belum lagi resor-resor yang bertebaran di setiap pulaunya. Jadi, kapan Anda menyempatkan diri berlibur di surga tropis ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar